Ceria Belum Tentu Bahagia? (Frisca Melissa, M.Psi., Psikolog)

Hai Healthizen! Pasti kamu pernah melihat orang lain yang selalu terlihat ceria seakan akan hidupnya tidak ada masalah, atau mungkin kamu yang mengalami? Hmm tapi apakah ceria selalu berarti bahagia? Atau justru orang yang ceria sebenarnya belum tentu bahagia? Yuk simak penjelasan berikut.

CERIA BELUM TENTU BAHAGIA

Bagi healthizen yang mungkin pernah mendengar kalimat ini, ternyata ini benar adanya dan bisa terjadi pada siapapun loh. Dalam ilmu psikologi, ada yang namanya defense mechanism. Nah beberapa diantaranya yaitu represi dan supresi.

Represi atau supresi memiliki arti yang sama yaitu pertahanan mental dengan menekan atau memendam untuk melindungi diri dari kecemasan akibat pikiran atau perasaan yg tidak diinginkan, namun bedanya kalau represi dilakukan secara tidak disadari atau tidak disengaja sedangkan supresi dilakukan secara sadar atau sengaja

PURA-PURA BAHAGIA, BAIK ATAU BURUK?

Mungkin beberapa diantara kalian bertanya-tanya apakah ini bisa dibilang hal yang baik atau justru buruk? Nah Healthizen,kalau kita melakukan hal ini kemudian mencari waktu yg tepat untuk menyelesaikan/mengobati diri dalam rangka self-management, itu adalah hal yg baik.  Namun jika yg dilakukan dengan maksud ‘lari dari kenyataan’ tentu tidak baik dan berbahaya karena artinya kamu menumpuk pikiran dan perasaan yang negatif di dalam diri yang menunggu untuk meledak seperti bom waktu.

BAHAYA PURA-PURA BAHAGIA

  • Bisa stres dan depresi

Hal ini diakibatkan tumpukan pikiran dan perasaan negatif

  • Melukai diri sendiri 

Selalu menekan dan memendam perasaan kecewa tentu bisa melukai diri sendiri loh

  • Emosi tidak stabil 

Sering menahan amarah atau kekecewaan bisa menyebabkan emosi tidak stabil sehingga kamu bisa tiba-tiba sedih

CARA MENGATASI RASA PURA-PURA BAHAGIA

  • Menerima kenyataan dan kondisi diri

Perlu diingat bahwa pikiran dan perasaan negatif adalah bagian dari hidup. Normal jika hidup mengalami pasang dan  surut, bisa merasakan bahagia dan terkadang merasakan kesedihan.

  • Cari Solusi 

Cobalah untuk mencari solusi dan menyikapi secara tepat terhadap persoalan pikiran dan perasaan negatif yang ada

  • Cari sumber bahagia yang sebenarnya

Healthizen pasti tahu apa yang sebenarnya membuat diri kamu bahagia. Jadi temukan hal yang membuatmu benar benar bahagia tanpa berpura-pura.

Nah Healthizen jadi udah tau kan apakah ceria belum tentu bahagia itu seperti apa, lalu bahaya dan cara mengatasinya. Eitss kalau healthizen tidak bisa menangani secara mandiri, maka cari pertolongan Profesional agar tidak menumpuk & menjadi toxic dalam diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here