Shirataki Untuk Diet? (dr. Cintyadewi Wignjosoesastro) 

Hai Healthizen! Siapa yang sering denger kalau shirataki cocok untuk diet? Atau dari kalian ada yang udah konsumsi shirataki? Eitss tapi kalian udah tau belum sih kandungan apa yang ada pada shirataki? Biar ga bingung, simak dulu yuk penjelasan dari Dokter Cintya! hihi

Apa itu Shirataki?

Bahan utama Shirataki adalah Amorphophallus konjac yaitu merupakan tumbuhan umbi umbian. Tumbuhan umbi umbian atau dikenal dengan konjac sudah digunakan berabad-abad dahulu. Awalnya umbi umbian ini dikeringkan dahulu, kemudian digiling sehingga teksturnya menjadi seperti tepung. Nah kini, shirataki sudah diolah menjadi nasi atau mie.

Kandungan Shirataki

Shirataki ini juga cocok dijadikan oleh seseorang yang sedang menjalankan diet rendah karbohidrat loh. Setiap 100gr shirataki mengandung 15 kalori, 0.19gr protein, 0.02 gr lemak dan 3.44 gram karbohidrat. Shirataki juga mengandung 97% air dan 3% serat glukomanan. Karena shirataki berserat tinggi, ketika mengkonsumsi shirataki maka dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

Manfaat Konsumsi Shirataki

1.Dapat menurunkan berat badan.

jadi zat kandungan (glukomanan) berdasarkan penelitian dapat memberikan efek perut penuh dan kenyang lebih lama sehingga seseorang akan merasa lapar lebih lama. selain itu serat juga dapat menekan produksi hormon yang menstimulasi rasa lapar

2. Menurunkan kolesterol.

Jadi dengan mengkonsumsi secara rutin shirataki diyakini dapat menghambat penyerapan dan pengangkutan kolesterol, dan menurut penelitian mengkonsumsi shirataki selama 4 minggu ternyata dapat menurunkan kolesterol sebanyak 10%.

3. Membantu mengontrol diabetes

Karena seperti yang sudah diketahui, jumlah kandungan karbohidrat dan juga kalorinya rendah. oleh karena itu shirataki dapat digunakan sebagai makanan pengganti alternatif bagi penderita diabetes

4. Melancarkan buang air besar.

Karena serat pada shirataki dapat mengembang menjadi jelly. jadi pada saat menyerap air bisa memicu dorongan untuk buang air besar secara alami dan lebih sehat tentunya.

Shirataki untuk Diet?

Nah jika Healthizen sedang berdiet dan ingin konsumsi shirataki tentu boleh saja karena kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Namun sebaiknya tetap perhatikan kebutuhan kalori harian dan kebutuhan gizi lainnya, karena shirataki sangat rendah kalori dan karbohidratnya juga rendah jadi harus diimbangi dengan pola makan seimbang.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here