4 Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana? (Frisca Melissa, M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Kali ini senisehat bersama kak Frisca bakal ngebahas tipe kepribadian loh! Seperti yang kita tau kalau setiap manusia itu unik dan berbeda beda. Namun terkadang manusia memiliki kesamaan kepribadian antar satu dan lainnya loh. Simak penjelasan berikut mengenai kepribadian manusia menurut psikologi.

Nah ternyata, ada banyak kategorisasi kepribadian di dalam ilmu Psikologi loh Healthizen, salah satunya adalah kategorisasi kepribadian berdasarkan temperamen. Nah tipe kepribadian tersebut terbagi menjadi 4, yaitu :

1.Sanguinis (Popular)

Nah orang dengan tipe sanguinis ini biasanya cenderung aktif, optimis, riang, menyukai petualangan dan kreatif. Tipe sanguinis juga sangat menyukai tantangan dan hal hal baru namun membuat mereka menjadi mudah bosan atau terdistraksi.

2. Melankolis (Perfeksionis)

Si melankolis ini dikenal cenderung analitis, idealis serta memiliki pikiran dan perasaan yg mendalam atau rumit. Melankolis ini juga biasanya sangat peka atau sensitif. Nah tipe ini sering dianggap perfeksionis sehingga kelemahannya adalah sulit mengambil keputusan dalam waktu cepat, sering melakukan hal dalam waktu yang lama dan mudah frustasi.

3. Plegmatis (Cinta Damai)

Tipe plegmatis ini cenderung tenang, memiliki toleransi tinggi, suka mengalah, kooperatif, dan tidak menyukai konflik. Tentu tipe ini suka menolong antar sesama dan biasanya mereka tetap menjaga hubungan dengan teman lama mereka.

4. Koleris (Kuat)

Orang-orang bertipe koleris ini cenderung tegas, dominan, logis dan beriorientasi pada tujuan. Tipe koleris ini biasaya tidak suka basa-basi sehingga sangat suka merngerjakan hal yang bermanfaat. Mereka juga berjiwa pemimpin loh Healthizen.

Nah healthizen itu tadi tipe tipe kepribadian manusia menurut psikologi. Hayoo kira kira kalian tipe yang manasih Healthizen? Nah untuk mengetahui secara pasti kamu bisa melakukan tes kepribadian yang valid dengan ahli psikolog ya Healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here