5 Manfaat Menangis dari Sisi Psikologi (Sabrina Maidah,M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa nih yang sering nangis? Atau malah pengen nangis tapi gengsi jadi ditahan? Eitss daripada ditahan mending dikeluarin aja air matanya karena ternyata menangis memiliki manfaat loh Healthizen! Penasaran? Yuk simak penjelasan Kak Sabrina hihi

Menangis dari sisi psikologi 

Menangis merupakan respons alami tubuh terhadap emosi karena apa yang kita harapkan tak sesuai dengan kenyataan ataupun karena  haru dan bangga atas hasil yang telah kita capai. Menangis tidak hanya saat sedang terpuruk saja, namun ketika kamu sangat bahagia atau sangat takut akan sesuatu juga bisa membuat menangis. Nah hal ini adalah cara tubuh untuk pulih dari emosi yang sangat kuat.

Lalu menangis itu baik atau tidak dari sisi psikologi?

Banyak orang takut untuk menangis dikarenakan takut di judge“cengeng” ataupun “lemah”, sehingga saat ingin menangis seseorang cenderung menahan perasaannya.

Padahal menangis memiliki banyak manfaat loh.

Manfaat Menangis dari Sisi Psikologi

Berikut beberapa manfaat menangis dari sisi psikologi:

  1. Dengan menangis kita dapat menenangkan diri
  2. Dengan menangis kita mampu untuk meredakan Rasa Sakit
  3. Meningkatkan Suasana Hati
  4. Mengembalikan Keseimbangan Emosional
  5. Membersihkan mata kita dari kotoran

Fakta Menarik Menangis dari sisi psikologi

  1. Wanita cenderung jauh lebih sering menangis dibandingkan pria. Hal ini karena saluran air mata wanita lebih besar dan hormon prolaktin pada wanita lebih tinggi dibanding pria sehingga wanita lebih mudah untuk menangis.
  2. Ketika seseorang menangis, biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-6 menit saja. Jadi saat dirimu sedih akan lebih baik ditangisi saja agar lebih lega karena membutuhkan waktu yang sebentar
  3. Menangis termasuk ungkapan paling jujur karena menangis adalah sifat alamiah manusia ketika ia merasakan emosi akan sesuatu.
  4. Seseorang yang menangis bukanlah seseorang yang lemah, melainkan ia mampu untuk mengekspresikan emosi yang ia miliki.
  5. Mudah menangis juga merupakan tanda dirimu sedang mengalami depresi.

Dalam kondisi tertekan atau kehilangan seseorang, mampu membuat seseorang mudah untuk menangis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here