Psyllium Husk: Rahasia dibalik suplemen diet!

Hi Healthizen!

Pernahkan healthizen meminum atau sering melihat di e-commerce minuman yang dapat membantu pencernaan? Minuman ini biasanya bukan teh diet tapi minuman ‘kaya akan serat’
Nah salah satu komposisi dalam minuman ini pada umumnya adalah Psyllium husk!

Apa sih psyllium husk itu? Yuk kita cari tau!

Psyllium husk atau Plantago Ovata adalah serat yang dibuat dari sekam benih tanaman Plantago ovata. Terkadang dikenal dengan nama ispaghula. Tanaman ini awal mulanya hanya bisa tumbuh di dataran India dan terkenal untuk dipakai sebagai suplemen serat makanan alami.

Kandungan serat yang ada di psyllium ini cenderung tinggi. Psyllium sering kali ditemukan dalam kandungan suplemen kesehatan untuk melancarkan pencernaan.

Nah apa aja sih manfaat dari Psyllium ini?

1.Menurunkan Kolesterol

Serat seperti Psyllium yang diambil sebagai bagian dari makanan sehat, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Psyllium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lipid, dan memperkuat otot jantung.

2.Menjaga berat badan

Menjaga berat badan yang sehat tentu menjadi goals dari banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kronis seperti diabetes. Selain baik untuk jantung dan kadar gula darah, psyllium dapat membantu menurunkan berat badan loh.

Psyllium mampu menyerap cairan di tubuh sehingga dapat membantu memberikan perasaan kenyang. Oleh karena itu, hal ini dapat membantu Healthizen mengontrol jumlah makanan yang akan dimakan.

Namun walaupun Psyllium husk merupakan produk alami dan herbal karna termasuk dalam serat biji bijian,  efektifitasnya belum sepenuhnya teruji atau terbukti dengan baik. Efek jangka panjang yang mungkin terjadi apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman ini adalah kembung, mual, begah, diare, hingga peradangan usus.

Jadi Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makan seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayur, rajin berolahraga, minum air minimal 2 liter setiap harinya dan kelola stress dengan baik.

Suplemen hanya berperan sebagai pembantu, jadi Healthizen jangan mengkonsumsi berlebihan yaa dan konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi psyllium.

Sekian artikel mengenai psyllium husk, jangan lupa share dan tag ke teman teman Healthizen ya! See you on the next articles!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here