Mengintip Tipe Tipe Orang Berbelanja, Anda Termasuk Mana?

Belanja menjadi aktivitas yang dianggap bisa menambah kebahagiaan. Tak heran jika aktivitas ini banyak sekali yang menyukainya. Banyak orang yang rela mengeluarkan budget besar untuk memenuhi hasrat berbelanjanya. Tidak sedikit yang kemudian menyesal karena membeli yang tidak dibutuhkan. Dan berikut beberapa tipe tipe orang berbelanja yang bisa ditemui.

Two happy girls in sweaters having fun with shopping trolley and megaphone over white background

Tipe Orang Ketika Berbelanja Anda Wajib Tahu

1.  Tipe Nggak Mau Rugi

Pada prinsipnya, tipe satu ini tidak ada harga yang tetap. Mereka akan mencoba untuk membayar dengan jumlah yang lebih rendah. Sehingga kerap kali menawar sampai mendapatkan harga paling rendah. Walaupun sebenarnya harga barangnya sudah murah, mereka akan tetap mencoba untuk menawarnya. Intinya dia harus mengambil peluang sebanyak banyaknya.

Tujuannya dalam aktivitas jual beli ini mereka bisa memenangkan pertempuran. Sehingga jika ada bonus atau promo tertentu mereka akan mencoba untuk bernegosiasi. Meskipun seharusnya tidak bisa memenuhi syarat yang ditentukan. Apabila tidak mendapatkannya, mereka akan memilih untuk membelinya di lain waktu dengan harga yang lebih murah.

2. Tipe Membandingkan Harga

Tipe tipe orang berbelanja berikutnya merupakan ciri orang yang hemat. Mereka akan meluangkan waktu untuk membandingkan harga offline maupun online di beberapa tempat. Setelah yakin jika harganya memang sudah terbaik, kemudian sesuai kebutuhan dan anggaran mereka baru akan membelinya. Butuh pertimbangan ekstra untuk membeli sesuatu. 

Membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang untuk tipe membandingkan harga. Karena mereka akan mencari tahu secara detail produk atau merek yang sudah disukai. Beberapa menyebut jika tipe ini merupakan tipe sangat hemat. Tetapi yang bersangkutan menganggap jika cara tersebut merupakan cara cerdas dalam berbelanja.

3. Tipe Datang – Beli – Pulang

Apakah anda termasuk tipe belanja satu ini? Dimana biasanya mereka akan datang ke tempat, membeli barang yang diinginkan kemudian pulang. Tipe tipe orang berbelanja satu ini termasuk yang tidak banyak basa basi. Bisa juga karena sebelumnya memang sudah mengincar barang tersebut, sehingga saat sudah waktunya membeli langsung membayarnya.

Tapi bisa juga karena termasuk orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Atau karena sudah malas untuk berkeliling mencari barang tersebut. Tentu saja mereka juga sudah pasti menyiapkan budget yang mencukupi untuk membeli barang yang diinginkan. Tipe pembelanja ini bisa berlaku untuk pembeli online ataupun offline.

4. Tipe Menyesal Belakangan

Termasuk yang ketika berbelanja tidak berpikir dua kali, hanya saja ketika sampai di rumah akan merasa menyesal. Perlu anda tahu, jika tipe ini termasuk yang tidak tegas dalam berbelanja. Ketika menyadari ada yang salah pada barang, semua yang dibeli akan terlihat salah. Tak jarang kesalah yang kecil saja membuat mereka marah dan menukarnya ke toko semula.

5. Tipe Impulsif

Tipe tipe orang berbelanja berikutnya yakni tipe impulsif. Mereka akan langsung membeli barang jika memang ingin, tanpa melihat harga ataupun kebutuhannya. Padahal sebenarnya di luar budget atau tidak dibutuhkan nantinya. Hanya saja mereka akan berpikir, kapan lagi bisa membeli barang branded dengan diskon yang besar. Bisa dikatakan jika tipe ini mudah tergoda promo dan diskon.

Masing masing tipe tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Manapun tipe anda dalam berbelanja, ada baiknya jika menjadi pembeli yang bijak. Pastikan jika anda memang membutuhkan barang tersebut dan juga sesuai dengan budget yang ada. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan agar tidak boros.

Leave a Comment

Your email address will not be published.