Awas! Ini Tanda Tubuh Kehilangan Massa Otot!

Hai healtizen, gimana kabarmu hari ini? Sehatkan? Semoga selau sehat ya Healthizen! hihi..

Ketika kamu diet pernah gak sih kamu merasakan badanmu jadi lemah dan lebih lelah? Hmmm… padahal kalau diet menurunkan berat badan menjadi ideal harusnya lebih kuat dan sehat loh! kalau gitu, yakin yang kamu hilangkan itu lemak bukan massa otot?Hayoo…

Eits padahal massa otot itu penting banget lho untuk tubuhmu. Kehilangan massa otot akan mempengaruhi kekuatan dan daya tahan serta dapat menganggu metabolisme tubuh.

Kehilangan massa otot bisa terjadi ketika seseorang yang mencoba menurunkan berat badan namun tidak makan cukup protein, terlalu banyak berlatih, tidak tidur nyenyak atau tidak memberikan waktu untuk pulih. Berikut 5 tanda kehilangan massa otot saat dalam program penurunan berat badan :

1.Saat latihan otot terasa berat

Ketika kamu berolahraga, memang tubuh akan terasa lebih letih, Tetapi ketika sudah melakukan olahraga yang sama selama beberapa kali kemudian mencobanya kembali, maka akan terasa berat saat menjalaninya. Merasa kurang kuat saat berolahraga. Nah jika kamu mengalami hal ini, bisa jadi massa ototmu kurang.

2.Merasa lelah dan lesu sepanjang hari

Tidak makan dengan benar lalu kehilangan massa otot maka dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh. Ini terjadi karena kekurangan energi dan terkadang overtraining.

3.Persentasi lemak tidak turun

Jika angka pada timbangan berubah tetapi persentase lemak tubuh tidak berkurang, itu pertanda bahwa kamu sedang kehilangan massa otot. Juga, ketika kamu kehilangan massa otot, maka bentuk tubuh tidak ideal seperti pada umumnya. Kamu hanya akan menurunkan angka timbangan tetapi tidak ada perubahan pada fisik kamu.

4.Berat badan turun drastis

Ketika berat badan turun drastis misal turun 10kg dalam waktu 5 hari maka yang hilang adalah bukanlah lemak melainkan cairan dan massa otot dalam tubuh. Padahal, Penurunan berat badan harusnya menghilangkan lemak bukan massa otot.

5.Tidak ada kemajuan dalam berolaraga

Jika kamu menjalani olahraga tetapi kamu tidak bisa meningkatkan intensitas olahragamu, bisa jadi olahraga yang kamu lakukan menyebabkan massa otot terus berkurang sehingga tubuh tidak kuat.

Jadi perlu diingat ya Healthizen, menurunkan berat badan dengan hanya asal mengurangi makan atau tidak makan sama sekali tentu tidak baik untuk kesehatan salah satunya kehilangan massa otot yang berpengaruh pada metabolisme tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.