Cara Tepat Melampiaskan Kemarahan (Hertha Christabelle Hambalie,M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa nih yang suka marah-marah? Nah pada suatu moment mungkin kita merasa sangat ingin marah tapi terkadang melampiaskan amarah kerap dianggap sebagai hal yang tidak baik padahal tidak ada salahnya untuk sesekali melampiaskan amarah, karena marah adalah hal yang wajar. Eits namun perlu dikelola jangan sampai melukai diri sendiri atau orang lain.

Mengapa marah harus dilampiaskan? Yaitu karena melampiaskan rasa marah bisa membuat seseorang merasa lebih lega. Hal ini juga bisa membuat seseorang memiliki kontrol diri yang lebih baik loh. Melampiaskan marah tidak selalu harus dilakukan dengan berteriak sambil mengeluarkan kata-kata kasar. Berikut cara-caranya:

1. Tarik diri. Pergilah ke ruangan lain atau ke tempat yg lebih sepi sehingga bisa menenangkan diri

2. Tarik nafas panjang tahan 3 detik dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan 10 menit.

Kamu juga bisa minum air putih untuk membantu diri lebih tenang

3. Saat sudah tenang, pahami apa yg buat kamu marah, lalu apa yg bisa kamu lakukan untuk memperbaiki situasi atau setidaknya gak memperburuk situasi

4. Jika sudah memahami keadaan dan ada waktu senggang, cobalah ungkapkan emosi kamu dengan melakukan hobi seperti olahraga, menyanyi / bermain musik, menggambar, ataupun cerita ke orang lain yang kamu percaya.

Nah Healthizen itu tadi cara-cara melampiaskan kemarahan kamu. Jadi ketika marah coba lakukan hal hal diatas ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.